Kisah Ayah dan Anak yang Mengadakan Undian Berebut Surga

Kisah Ayah dan Anak yang Mengadakan Undian Berebut Surga

Kisah Inspirasi – Bagaimana jadinya jika antara ayah dan anak semua ingin cepat menjemput syahid dan berebut surga? Inilah yang terjadi pada masa sahabat Nabi saw, antara Khutsaimah dan anaknya Sa’ad.

Tatkala Perang Badar tiba, sahabat yang mulia yang bernama Khutsaimah bin Harits mengadakan undian bersama putranya yang bernama Sa’ad untuk menentukan siapakah di antara keduanya yang akan keluar untuk jihad dan siapa yang tetap tinggal di rumah untuk menjaga para wanita.

Ternyata undian diraih oleh putranya Sa’ad, maka ayahnya berkata kepadanya: “Wahai anakku relakanlah hari ini agar ayah yang keluar untuk berjihad, biarkanlah engkau yang mengurusi para wanita“.

Sa’ad berkata “Demi Allah wahai ayahku seandainya saja bukan karena masalah syurga, niscaya akan aku berikan padamu (kesempatan ini), tetapi ini adalah syurga yang luasnya seluas langit dan bumi, saya tidak akan memberikan bagianku kepada seorang pun“.

Akhirnya Sa’ad keluar untuk Perang Badar dan gugur di dalamnya, sedangkan ayahnya pun selalu berharap setelah itu, sehingga beliau pun juga gugur dalam perang Uhud.

Semoga Allah swt meridhai mereka semua.