Kisah Ibunda Aisyah Istri Rasulullah Bermain Lari-Lari

  • Bagikan
Aisyah Ilustrasi
Ilustrasi

Kisah Inspirasi – Dalam salah satu bait lagu yang populer “Aisyah Istri Rasulullah” ada bait yang menceritakan kisah Ibunda Aisyah yang bermain lari-lari dengan Rasulullah saw.

Bait lagunya sebagai berikut: Aisyah.. Romantisnya cintamu dengan Nabi. Dengan Baginda kau pernah main lari-lari. Selalu bersama hingga ujung nyawa. Kau di samping Rasulullah.

Bagaimana kisah main lari-lari Ibunda Aisyah bersama Rasulullah saw? Di mana terjadi dan siapa yang menang? Kisah tersebut disebutkan dalam satu hadis Mursal.

Ibunda Aisyah dalam suatu perjalanan bersama Nabi saw dan sahabatnya. Tidak disebutkan dalam hadis tersebut dalam perjalanan menuju ke mana.

Aisyah ra, mengisahkan hal itu, “Aku ikut bersama Rasulullah saw ketika suatu kali beliau bepergian. Saat itu aku masih muda belia dan badanku tidak gemuk. Rasulullah memerintahkan orang-orang untuk berjalan lebih dahulu. Setelah mereka berada di depan, beliau berkata kepadaku, “Kemarilah, ayo kita berlomba lari.”

Kemudian, Aisyah dan Nabi berlomba dan dimenangkan oleh Aisyah. Setelah itu, beliau tidak pernah lagi menyinggung perlombaan kami itu hingga ketika Aisyah bertambah gemuk dan telah lupa akan perlombaan kami itu. Aku pergi lagi bersama beliau pada suatu perjalanan.

Di tengah perjalanan, Nabi memerintahkan orang-orang untuk berjalan di depan. Selanjutnya, Nabi mengatakan kepada Aisyah.

“Ayo, kita lomba lari!”

Saat itu, Aisyah dan Nabi berlomba dan yang menjadi pemenang adalah Nabi Muhammad. Nabi kemudian berkata kepada Aisyah,

“Ini balasan yang dulu.”

Salah seorang sahabat berkata, “Rasulullah, Anda bergurau dengan kami.”

“Aku hanya manusia seperti kalian. Wajar jika aku bergurau dengan kalian,” jawab Nabi (Hadits Mursal).

Banyak isnpirasi hikmah yang bisa kita petik dari kisah ini, diantaranya:

  1. Nabi saw bersikap romantis bersama istrinya, bercanda dengan wajar di depan sahabatnya
  2. Nabi saw juga bergurau, seperti halnya manusia biasa
  • Bagikan